tes

Minggu, 23 Desember 2018

2019, FKGI Sultra All Out Tingkatkn Kompetensi Guru

2019, FKGI Sultra All Out Tingkatkn Kompetensi Guru

Latoma, Eed
Ajang pemilihan Guruku Idolaku Se-Sultra yang digelar Harian Kendari Pos setiap tahunnya, benar-benar menelurkan guru-guru yang memiliki komitmen membangun pendidikan di Sultra.
Terbukti, belum genap sebulan sejak menyatukan diri dalam wadah Forum Komunikasi Guru Idola (FKGI) Sultra, guru-guru yang tergabung telah merencanakan berbagai program peningkatan kompetensi guru. Hal ini terekspos dalam pertemuan perdana anggota FKGI Sultra yang digelar Sabtu (22/12) lalu di Gedung Graha Pena Kendari.

“Harapannya setiap koordinator bidang dan anggotanya sudah memasukkan rencana programnya masing-masing di awal januari 2019, sehingga bulan februari sudah mulai terealisasi” tegas Asmuddin, Ketua FKGI Sultra, usai mendengarkan berbagai usulan kegiatan dari sejumlah pengurus dan anggota FKGI.

Ketgam: Pengurus FKGI Sultra, melakukan foto bersama usai menggelar rapat perdana di gedung graha pena kendari pos.

Sejumlah bidang yang dimaksud Asmuddin yakni Bidang Pengembangan Organisasi, Bidang Penelitian dan Pengembangan Literasi, Bidang perlindungan Profesi Guru, Regulasi dan Advokasi, Bidang Informasi dan Komunikasi, serta Bidang Humas dan Sosial. “Agar dalam merencanakan dan melaksanakan program, masing-masing bersinergi dengan dengan institusi terkait. Program yang dikembangkan, mulai skala kabupaten hingga nasional” ujar kepala SMPN 17 Kendari itu.

Beberapa program unggulan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat yaitu: Workshop Penulisan Buku, Workshop Inovasi Pembelajaran, Seminar Pendidikan, Pelatihan Jurnalistik dan sosialisasi FKGI di masing-masing Korwil. “Selain Narasumber dan pelatih nasional kita juga akan memberdayakan anggota FKGI yang telah memiliki kompetensi dan prestasi baik tingkat provinsi maupun nasional. Dan untuk pelatihan jurnalistik, kita akan dilatih langsung oleh wartawan-wartawan senior Kendari Pos” kata Asmuddin.

Program pelatihan penulisan buku hingga terbit bagi guru, menurut rencana akan digelar awal Februari 2019. “Kami sudah membangun komunikasi dengan salah satu penulis buku nasional untuk datang berbagi ilmu dengan guru-guru di Sultra. Diharapkan, guru-guru yang mengikuti pelatihan dapat menghasilkan sebuah buku yang layak terbit dan memiliki ISBN” ungkap, Edi Arham,  koordinator Bidang Penelitian dan Pengembangan Literasi FKGI, usai pertemuan.

Untuk dapat mengakses dan mengakomodasi seluruh wilayah di Sulawesi Tenggara, FKGI Sultra membentuk Korwil di sejumlah daerah. Wilayah 1 meliputi Kendari, Konawe, Konawe Kepulauan, Konawe Utara dan Konawe Selatan. Wilayah 2 meliputi Wakatobi, Boton, Buton Tengah, dan Buton Utara. Wilayah 3 meliputi Muna, Muna Barat, Bau-Bau, dan Buton Selatan. Wilayah 4 meliputi Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, dan Bombana.

Dalam pertemuan tersebut, juga telah disusun komposisi lengkap pengurus FKGI Sultra.Pasalnya,  awal pembentukan FKGI, sehari sebelum penganugerahan Guru Idola Sultra 2018 oleh Kendari Pos, hanya memilih pengurus inti yaitu ketua dan sekertaris. Komposisi pengurus FKGI yakni Ketua Umum: Asmuddin,  Ketua 1: Ester Lintje Joe, Ketua 2: Paruddin, Ketua 3: Dewi Hernia Nengsih , Sekretaris: Arianto , Wakil Sekretaris : Chaerunnisa Bendahara: Hj. Syahwiah Rahim, Wakil Bendahara: Irma Lismayani, Koordinator Wilayah 1: Muslimin , Koordinator Wilayah 2: Hadrianti Badu , Koordinator Wilayah 3: Wa Sree Gaulatry ,Koordinator Wilayah 4: Didiet Eksar , Koordinator Seksi Pengembangan Organisasi: La Ode Ntoro,  Koordinator Seksi Penelitian dan Pengembangan Literasi: Edi Harham, Koordinator Seksi perlindungan Profesi Guru, Regulasi dan Advokasi: Herman, . Koordinator Seksi Informasi dan Komunikasi: Shadaqal Abrar, dan Koordinator Seksi Humas dan Sosial Koordinator: Ahkam.

2 komentar: